header-photo

mendengarkan dengan hati


Petang itu, sebenarnya hanya ingin mampir maghrib karena adzan sudah berkumandang, tapi selesai  shalat tertarik melihat backdrop penuh cahaya yang biasa puat tempat foto seleb kalo lagi ada award. Wah, ini pasti ada acara seru nih. Niat pulang akhirnya urung dan lanjut isya di mesjid ini.

u are not touching without a smile
Benar saja, jam 8 malam, para jamaah yang umumnya remaja (saya masuk kategori ini) masjid Sunda Kelapa. Semangat juga yah rupanya. Malam minggu biasanya entah kemana, pindah tempat nongkrong jadi di mesjid. Pasti ada yang spesial. Ada siapa sih?

Tak lama kemudian, pembicara datang. Wah,,Alvin Adam! Bakalan asik nih. Kebetulan beberapa waktu lalu, saya sempat baca profil tentang Alvin Adam dan makin impresed dengan personality serta kemapuan beliau setelah baca profil beliau dimajalah. Cuma penasarana aja, gimana yah kalo ketemu langsung? Secara kampanye pencitraan bener2 ga populis lagi. Udah follow twitternya, dan makin suka. Ga heran dong  dengan kemampuan good listening nya, program TV nya masuk dalam jajaran rating tinggi. 

Setelah ketemu, bener deh. Kayak begini nih orang sukses. Auranya keluar. Semangatnya, dibalut dengan kesantunan, tapi kita  sebagai audience tetap merasa dekat dengan beliau. Taglinenya keren. Keren karena unsur simplicitynya bs dia terapkan bener- bener. “Hanya hati yang bisa mendengarkan kata hati”. Wow, hayo siapa yang ngedengerin curhatan orang trs pengen orgnya cepet selesai ceritanya? Saya! Saya ngaku deh, kalo dengerin WP ngeluh blablabla udah ngalor ngidul langsung ga sengaja berdoa; Ya Allah, udahan dong ni si bapak/ Ibu curhatnya” 

Ini nih yang musti saya asah lagi. Sering ngrasa, ga cocok sm pekerjaan karena saya bukan good listener, not good adviser, impatient, plus selalu kalah narsis dan pede dibanding rekan kerja lainnya. Tapi udah 4 tahun kecemplung, masak terus dibiarin aja gitu ketidakmampuan saya mengurung saya dari masa depan cerah yang gemintang? Beuuuh…sip!! (kepercayaan diri saya udah mulai naik nih)

 Moto keduanya si Alvin Adam yang bikin cling nyalain lampu di atas kepala adalah “jadikan kekurangan sebagai kelebihan”. Gimana dong itu kongkritnya? Beliau cerita, beliau bukan dari keluarga berada dan single parent, hal itu membuat beliau memiliki etos kerja keras dan berani melihat peluang. Kalo dalam segi ekonomi kurang, jadikan motivasi buat kerja keras. Ada lagi, sejak kecil penglihatan beliau sudah minus banyak. Musti pake kacamata. Karena itu, beliau laris jadi bintang iklan kacamata dan gratis seumur hidup ga perlu beli kacamata. Asik kan?

good conversation starts with wise listening

Tentang yang pertama. Mendengarkan dengan hati. Ini memang harus menjadi perhatian serius buat saya yang berkecimpung di bidang call center. Kadang saya tergesa – gesa ingin mengakiri pembicaraan karena mengejar target berikutnya. Tapi disinilah yang harus diperbaiki. Kualitas hati itu sangat menentukan kualitas pembicaraan. Hati selalu terjaga agar senantiasa gembira, bersemangat dan terbuka. Agar bisa mendengarkan dengan tulus, menaruh empati dan solutif.  Dan itu, saya belum optimal. Harus ada yang diperbaiki. Pasti dong.  Setelah saya renungkan (ciyeh merenung :p ) kira – kira best practise agar bisa mendengarkan dengan hati dapat dilatih seperti ini:

  1. Bangun tidur, ucapkan syukur dan minta agar hari ini diberi kemudahan dalam bekerja
  2. Tersenyumlah di depan kaca dan ucapkan : “saya bahagia, dan bisa membahagiakan orang lain.” Ya tentu saja, karena hari ini akan menyenangkan, melegakan orang lain karena kita mendengarkan keluh kesahnya.
  3. Jangan berangkat kantor terlalu mepet. Datang terlambat bisa merusak mood. 
  4. Siapakan segelas air di meja dan berdoa sebelum melakukan aktivitas call
  5. Fokus ketika menelpon, optimalkan kaca yang sudah tersedia, untuk kontrol senyuman.
  6. Dengarkan dengan baik. Bayangkan orang yang diajak bicara sedang berada di dekat kita. Berikan solusi yang terbaik. Ucapakan maaf untuk menaruh empati, dan terima kasih atas apresiasi.
  7. Akhiri pembicaraan dengan senyuman 

Nah, kalo udah tau caranya ga ada alasan lagi kan dengan bilang : “wah, emang dari sononya nih jutek” NOWAY! Kalo udah tau apa yang kurang, ya ga ada alasan untuk ga segera memperbaiki. Apalagi untuk diri sendiri.  Jadi, yuk dari sekarang perbaiki kualitas mendengarkan. Selama ini saya selalu jatuh cinta pada orang yang bisa mendengarkan dengan baik. Ngarasa kalo itu adalah bakat bawaan yang saya sudah menyerah ga bisa melakukannya.  Itu dulu. Sekarang ga lagi dong. Udah siap jadi good listener.
Karena, hanya hati yang bisa menaklukan  hati. Yeah :D



0 comments: