Petang itu, sebenarnya
hanya ingin mampir maghrib karena adzan sudah berkumandang, tapi selesai shalat tertarik melihat backdrop penuh cahaya
yang biasa puat tempat foto seleb kalo lagi ada award. Wah, ini pasti ada acara
seru nih. Niat pulang akhirnya urung dan lanjut isya’ di mesjid ini.
u are not touching without a smile |
Benar saja, jam 8 malam, para jamaah yang umumnya remaja
(saya masuk kategori ini) masjid Sunda Kelapa. Semangat juga yah rupanya. Malam
minggu biasanya entah kemana, pindah tempat nongkrong jadi di mesjid. Pasti ada
yang spesial. Ada siapa sih?
Tak lama kemudian, pembicara datang. Wah,,Alvin Adam!
Bakalan asik nih. Kebetulan beberapa waktu lalu, saya sempat baca profil
tentang Alvin Adam dan makin impresed dengan personality serta kemapuan beliau
setelah baca profil beliau dimajalah. Cuma penasarana aja, gimana yah kalo
ketemu langsung? Secara kampanye pencitraan bener2 ga populis lagi. Udah follow
twitternya, dan makin suka. Ga heran dong
dengan kemampuan good listening nya, program TV nya masuk dalam jajaran
rating tinggi.
Setelah ketemu, bener deh. Kayak begini nih
orang sukses. Auranya keluar. Semangatnya, dibalut dengan kesantunan, tapi
kita sebagai audience tetap merasa dekat
dengan beliau. Taglinenya keren. Keren karena unsur simplicitynya bs dia terapkan
bener- bener. “Hanya hati yang bisa mendengarkan kata hati”. Wow, hayo siapa
yang ngedengerin curhatan orang trs pengen orgnya cepet selesai ceritanya?
Saya! Saya ngaku deh, kalo dengerin WP ngeluh blablabla udah ngalor ngidul
langsung ga sengaja berdoa; Ya Allah, udahan dong ni si bapak/ Ibu curhatnya”
Ini nih yang musti saya asah lagi. Sering ngrasa, ga cocok
sm pekerjaan karena saya bukan good listener, not good adviser, impatient, plus
selalu kalah narsis dan pede dibanding rekan kerja lainnya. Tapi udah 4 tahun
kecemplung, masak terus dibiarin aja gitu ketidakmampuan saya mengurung saya
dari masa depan cerah yang gemintang? Beuuuh…sip!! (kepercayaan diri saya udah
mulai naik nih)
Moto keduanya si
Alvin Adam yang bikin cling nyalain lampu di atas kepala adalah “jadikan
kekurangan sebagai kelebihan”. Gimana dong itu kongkritnya? Beliau cerita, beliau bukan dari keluarga berada dan single parent, hal itu membuat beliau
memiliki etos kerja keras dan berani melihat peluang. Kalo dalam segi ekonomi kurang,
jadikan motivasi buat kerja keras. Ada lagi, sejak kecil penglihatan beliau sudah minus banyak. Musti pake kacamata. Karena itu, beliau laris jadi bintang iklan
kacamata dan gratis seumur hidup ga perlu beli kacamata. Asik kan?
good conversation starts with wise listening |
Tentang yang pertama. Mendengarkan dengan hati. Ini memang
harus menjadi perhatian serius buat saya yang berkecimpung di bidang call
center. Kadang saya tergesa – gesa ingin mengakiri pembicaraan karena mengejar
target berikutnya. Tapi disinilah yang harus diperbaiki. Kualitas hati itu sangat
menentukan kualitas pembicaraan. Hati selalu terjaga agar senantiasa gembira,
bersemangat dan terbuka. Agar bisa mendengarkan dengan tulus, menaruh empati
dan solutif. Dan itu, saya belum optimal. Harus
ada yang diperbaiki. Pasti dong. Setelah
saya renungkan (ciyeh merenung :p ) kira – kira best practise agar bisa
mendengarkan dengan hati dapat dilatih seperti ini:
- Bangun tidur, ucapkan syukur dan minta agar hari ini diberi kemudahan dalam bekerja
- Tersenyumlah di depan kaca dan ucapkan : “saya bahagia, dan bisa membahagiakan orang lain.” Ya tentu saja, karena hari ini akan menyenangkan, melegakan orang lain karena kita mendengarkan keluh kesahnya.
- Jangan berangkat kantor terlalu mepet. Datang terlambat bisa merusak mood.
- Siapakan segelas air di meja dan berdoa sebelum melakukan aktivitas call
- Fokus ketika menelpon, optimalkan kaca yang sudah tersedia, untuk kontrol senyuman.
- Dengarkan dengan baik. Bayangkan orang yang diajak bicara sedang berada di dekat kita. Berikan solusi yang terbaik. Ucapakan maaf untuk menaruh empati, dan terima kasih atas apresiasi.
- Akhiri pembicaraan dengan senyuman
Nah, kalo udah tau caranya ga ada alasan lagi kan dengan
bilang : “wah, emang dari sononya nih jutek” NOWAY! Kalo udah tau apa yang
kurang, ya ga ada alasan untuk ga segera memperbaiki. Apalagi untuk diri
sendiri. Jadi, yuk dari sekarang
perbaiki kualitas mendengarkan. Selama ini saya selalu jatuh cinta pada orang
yang bisa mendengarkan dengan baik. Ngarasa kalo itu adalah bakat bawaan yang
saya sudah menyerah ga bisa melakukannya.
Itu dulu. Sekarang ga lagi dong. Udah siap jadi good listener.
Karena, hanya hati yang bisa menaklukan hati. Yeah :D
0 comments:
Post a Comment